Gumpalan Darah Saat Menstruasi, Apakah Itu Normal?

Blog Single

Mengalami menstruasi adalah hal yang wajar. Saat siklus menstruasi dapat bervariasi dalam lama periode, jumlah dan frekuensi, gumpalan darah menstruasi bisa menjadi hal yang menakutkan ketika Anda melihatnya. Sebagian besar gumpalan darah selama menstruasi adalah normal, tetapi jika Anda mengalami penggumpalan darah yang besar dan menyadari perubahan pada menstruasi Anda, mungkin sudah saatnya Anda untuk mengkonsultasikannya ke dokter.

Ob/Gyn Salena Zanotti, MD, berbicara dengan kami tentang gumpalan darah saat menstruasi, apa artinya dan kapan Anda perlu dirawat.

Apa itu gumpalan darah menstruasi?

Selama menstruasi, hormon dalam tubuh Anda menyebabkan lapisan rahim Anda mulai luruh. Selama proses itu, pembuluh darah kecil berdarah. Untuk mencegah tubuh Anda kehilangan terlalu banyak darah, plasma dan trombosit bekerja sama untuk membentuk gumpalan darah.

“Gumpalan darah/pembekuan darah akan terbentuk kapan saja Anda memiliki sejumlah darah yang muncul,” kata Dr. Zanotti. “Pembekuan darah seharusnya terjadi pada tingkat tertentu, seperti ketika Anda memotong diri sendiri. Tetapi apa yang terjadi pada gumpalan darah saat menstruasi adalah jika Anda mengalami banyak pendarahan, itu terkumpul di dalam rahim Anda dan saat berada di sana, itu akan membuat gumpalan.

Apa yang menyebabkan gumpalan darah menstruasi?

Sebagian besar gumpalan darah menstruasi adalah normal. Pada awal dan akhir siklus Anda, mereka mungkin tampak merah cerah. Karena aliran darah Anda bergerak cepat, darah tidak punya waktu untuk menjadi gelap. Anda mungkin juga melihat gumpalan merah tua atau merah marun selama beberapa hari pertama menstruasi Anda.

“Seorang wanita akan merasakan gumpalan jika dia berada di tempat tidur atau sedang duduk dan kemudian dia berdiri,” kata Dr. Zanotti. "Gumpalan darah akan keluar saat itu, atau saat dia pergi ke kamar mandi."

Serviks Anda harus melebar untuk mengeluarkan gumpalan darah yang lebih besar. Rasa sakitnya bisa kuat. Jika Anda memiliki aliran yang deras dan mengalami kram, ini sebagian mengapa Anda mengalami rasa sakit.

Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gumpalan/pembekuan darah besar yang tidak normal atau mengalami aliran yang lebih deras dari biasanya. Beberapa termasuk:

  • Penyakit tiroid.
  • Polip rahim.
  • Fibroid rahim.
  • Gangguan pendarahan.
  • Kanker di rahim atau leher rahim Anda.

Apakah pembekuan darah itu serius?

Jika Anda mengalami pendarahan menstruasi yang berat, itu bisa serius. Tapi Dr. Zanotti mengatakan itu tergantung pada setiap situasi. Dokter akan mempertimbangkan ukuran dan frekuensinya.

"Banyak wanita memiliki gumpalan yang sangat kecil dan itu normal bagi mereka," katanya. "Itu bermasalah jika Anda mengalami gumpalan seukuran bola golf dan mendapatinya setiap beberapa jam."

Anda juga harus khawatir jika Anda harus mengganti pembalut atau tampon setiap jam.

“Anda mungkin mengalami pendarahan hebat jika Anda perlu mengganti pembalut Anda dalam satu jam dan itu terjadi selama beberapa jam berturut-turut,” kata Dr. Zanotti. "Itu jumlah pendarahan yang besar dan signifikan."

Mungkin juga akan menyebabkan anemia atau memiliki tekanan darah rendah setelah kehilangan terlalu banyak darah, kata Dr. Zanotti.

"Jika pendarahan hebat terjadi sekali selama siklus dan tidak berulang, itu tidak terlalu mengkhawatirkan," katanya. "Anda harus melihat pola seberapa sering hal itu terjadi dan berapa lama itu benar-benar berlangsung."

Jika Anda hamil dan mengalami gumpalan/pembekuan darah, hubungi dokter Anda atau pergi ke ruang gawat darurat terdekat. Anda mungkin mengalami keguguran atau kehamilan ektopik, yang dapat mengancam jiwa.

Kapan harus ke dokter?

Gumpalan/pembekuan darah menstruasi adalah bagian normal dari siklus menstruasi Anda. Tetapi ketika Anda melihat adanya perubahan pada ukuran dan jumlah, itu bisa menunjukkan kondisi yang mendasarinya. Saat berbicara dengan dokter Anda, bersiaplah dengan informasi berikut:

  • Berapa lama periode Anda biasanya berlangsung.
  • Seberapa berat aliran menstruasi Anda yang biasa.
  • Jika Anda mengalami pendarahan di antara periode.
  • Jika Anda melihat perubahan dari waktu ke waktu.
  • Jika Anda pernah mengalami rasa sakit.
  • Jika ada kemungkinan Anda hamil.
  • Daftar obat yang sedang Anda konsumsi.
  • Daftar kondisi medis lainnya.

Secara keseluruhan, Dr. Zanotti mengatakan jika Anda khawatir tentang apakah gumpalan/pembekuan darah itu normal selama menstruasi Anda, Anda harus mendiskusikannya dengan dokter Anda. "Kadang-kadang wanita hanya perlu diyakinkan tentang apa yang mereka hadapi - bahwa itu mungkin baik-baik saja dan tidak ada yang salah," katanya. “Ini bisa sangat umum, dan bisa diatasi.”

Share this Post: