5 Alasan Untuk Lebih Memperhatikan Kesehatan Mental Anda

Blog Single

Malu dan takut, emosi ini menghentikan orang untuk berbagi masalah kesehatan mental mereka dengan dokter.

Menjalani kehidupan yang aktif dan produktif memerlukan lebih dari sekadar apa yang Anda anggap sebagai kesehatan "fisik". Kesehatan mental sama pentingnya. Sayangnya, penyakit mental masih menjadi stigma negative di masyarakat kita.

Inilah pesan saya untuk Anda: Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki tanda atau gejala penyakit mental. Apakah Anda menghadapi masalah umum seperti kecemasan atau depresi atau kondisi yang lebih jarang seperti skizofrenia, dokter Anda dapat membantu Anda membuat rencana perawatan atau merujuk Anda ke spesialis.

Mulailah dengan jujur. Kantor dokter Anda adalah tempat yang aman untuk berbagi ketakutan Anda, dan ada banyak alasan untuk menganggap serius kesehatan mental tersebut.

  1. Penyakit mental lebih umum dari yang Anda kira

Meskipun gangguan mental memiliki tingkat keparahan yang bervariasi, sekitar satu dari enam orang Amerika menderita beberapa jenis kondisi kesehatan mental pada tahun tertentu. Sayangnya, terlalu banyak yang tidak mencari bantuan.

  1. Penyakit mental mempengaruhi kesehatan fisik Anda

Sangat mudah untuk menganggap kesehatan mental terpisah dari kesehatan fisik - tetapi otak Anda adalah bagian dari tubuh Anda. Penyakit mental adalah akar penyebab dari banyak gejala fisik. Misalnya, jika Anda menderita insomnia, jantung berdebar-debar atau kelelahan, dokter Anda akan mengesampingkan depresi, kecemasan, atau kondisi mental lainnya sebagai penyebab potensial. Untuk menyoroti tingkat keparahannya, American Heart Association merilis sebuah pernyataan dalam beberapa tahun terakhir yang merekomendasikan bahwa depresi dianggap sebagai faktor risiko untuk hasil yang buruk pada pasien dengan sindrom koroner akut.

  1. Penyakit atau cedera dapat meningkatkan risiko Anda

Sama seperti penyakit mental yang dapat menyebabkan gejala di seluruh tubuh Anda, kondisi lain dapat meningkatkan risiko penyakit mental. Itu berlaku untuk penyakit kronis, seperti kanker, multiple sclerosis, diabetes, stroke, epilepsi Parkinson dan banyak lagi. Itu juga berlaku untuk trauma, seperti cedera kepala. Kabar baiknya: Dokter menjadi lebih sadar akan hubungan ini dan memperhatikannya pada pasien.

  1. Deteksi dini dapat membuat perbedaan

Seperti kebanyakan kondisi medis, diagnosis dini biasanya mengarah pada hasil yang lebih baik. Untuk satu hal, mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan segera dapat membantu Anda mencegah gejala penyakit mental menjadi lebih buruk. Di sisi lain, pengobatan dapat membantu Anda menghindari efek negatif dari gejala tersebut pada hidup Anda — mulai dari hubungan yang tegang hingga kesulitan mengelola pekerjaan dan keuangan.

  1. Itu terjadi dalam keluarga

 

Riwayat kesehatan keluarga Anda membantu memprediksi risiko penyakit mental. Karena penyakit mental dapat diturunkan dalam keluarga, pastikan Anda memasukkannya bersama dengan informasi tentang penyakit jantung, kanker, dan kondisi lainnya.

Share this Post: